Sabtu, 13 Mei 2017

Gejala kista endometriosis

Gejala kista endometriosis bervariasi. Beberapa wanita mengalami gejala ringan, namun ada juga yang memiliki gejala sedang sampai parah. Tingkat keparahan nyeri Anda tidak menunjukkan derajat atau stadium kondisinya. Anda mungkin memiliki bentuk penyakit ringan, namun menderita kesakitan. Hal ini juga memungkinkan untuk memiliki sedikit ketidaknyamanan.




Nyeri panggul adalah gejala yang paling umum dari kista endometriosis. Anda mungkin juga memiliki gejala berikut:

Gejala kista endometriosis


  • Periode yang menyakitkan
  • Nyeri di perut bagian bawah sebelum dan selama menstruasi
  • Kram satu atau dua minggu sekitar menstruasi
  • Perdarahan menstruasi berat atau perdarahan antar menstruasi
  • Ketidaksuburan
  • Rasa sakit mengikuti hubungan seksual
  • Ketidaknyamanan dengan buang air besar
  • Nyeri punggung bagian bawah yang mungkin terjadi sewaktu-waktu selama siklus menstruasi Anda

Anda mungkin juga tidak memiliki gejala. Penting agar Anda mendapatkan ujian ginekologi tahunan. Ini akan memungkinkan ginekolog Anda untuk memantau setiap perubahan. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki dua atau lebih gejala.

Pengobatan kista endometriosis

Maklum, Anda ingin kelegaan cepat dari rasa sakit dan gejala kista endometriosis lainnya. Kondisi ini bisa mengganggu hidup Anda jika tidak diobati. Kista endometriosis tidak memiliki kesembuhan. Pilihan medis dan bedah tersedia untuk membantu mengurangi gejala dan mengatasi komplikasi potensial. Dokter Anda mungkin pertama kali mencoba perawatan konservatif. Mereka kemudian dapat merekomendasikan operasi jika kondisi Anda tidak membaik.

Baca juga : Obat kista endometriosis tanpa operasi

Semua orang bereaksi berbeda terhadap pilihan pengobatan ini. Dokter Anda akan membantu Anda menemukan yang paling sesuai untuk Anda. Pilihan pengobatan meliputi:

Obat sakit
Obat sakit over-the-counter seperti ibuprofen dapat digunakan, tapi ini tidak efektif dalam semua kasus.

Terapi hormonal
Mengambil hormon tambahan terkadang bisa menghilangkan rasa sakit. Terapi ini membantu tubuh Anda mengatur perubahan hormon secara bulanan yang mendorong pertumbuhan jaringan yang terjadi bila Anda memiliki kista endometriosis.

Kontrasepsi hormonal
Kontrasepsi hormonal menurunkan kesuburan dengan mencegah pertumbuhan bulanan dan penumpukan jaringan endometrium. Pil KB, patch, dan cincin vagina dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit pada kista endometriosis yang kurang parah.

Agonis dan antagonis hormon Gonadotropin-releasing (GRNH)
Wanita mengambil apa yang disebut agonis gonadotropin-releasing hormone (GnRH) dan antagonis untuk menghalangi produksi estrogen yang merangsang ovarium. Estrogen adalah hormon yang terutama bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik seksual wanita. Hal ini mencegah menstruasi dan menciptakan menopause buatan. Terapi ini memiliki efek samping seperti kekeringan vagina dan hot flashes. Mengambil dosis kecil estrogen dan progesteron pada saat bersamaan dapat membantu membatasi atau mencegah gejala ini.

Danazol
Danazol adalah obat lain yang digunakan untuk menghentikan menstruasi dan mengurangi gejala. Namun, bisa memiliki efek samping termasuk jerawat dan hirsutisme, yaitu pertumbuhan rambut abnormal di wajah dan tubuh Anda.

Medroksiprogesteron (Depo-Provera)
Injeksi medroksiprogesteron (Depo-Provera) juga efektif dalam menghentikan menstruasi. Ini menghentikan pertumbuhan implan endometrium. Ini mengurangi rasa sakit dan gejala lainnya. Namun, hal itu juga dapat menurunkan produksi tulang, menyebabkan kenaikan berat badan, dan menyebabkan depresi pada beberapa kasus.

Operasi konservatif
Operasi konservatif adalah untuk wanita yang ingin hamil atau menderita sakit parah. Tujuan operasi konservatif adalah untuk menghilangkan atau menghancurkan pertumbuhan endometrium tanpa merusak organ reproduksi Anda.

Hal ini dapat dilakukan melalui operasi terbuka tradisional, di mana pertumbuhan endometrium dikeluarkan melalui insisi yang lebar. Laparoskopi, operasi yang kurang invasif, adalah pilihan lain. Dokter bedah Anda akan membuat beberapa sayatan kecil di perut Anda untuk menghilangkan pertumbuhan pada jenis operasi ini.

Operasi radikal (histerektomi)
Dokter Anda mungkin merekomendasikan histerektomi total sebagai upaya terakhir jika kondisinya tidak membaik dengan perawatan lainnya. Selama histerektomi total, dokter bedah Anda akan mengeluarkan rahim dan leher rahim Anda. Dokter Anda juga akan menyingkirkan ovarium Anda karena membuat estrogen dan estrogen menyebabkan pertumbuhan jaringan endometrium.

Anda tidak akan bisa hamil setelah menjalani histerektomi. Dapatkan pendapat kedua sebelum menyetujui pembedahan jika Anda berpikir untuk memulai sebuah keluarga.

Apa penyebab kista endometriosis?
Selama siklus menstruasi yang teratur, tubuh Anda menumpahkan lapisan rahim Anda. Hal ini memungkinkan darah menstruasi mengalir dari rahim Anda melalui lubang kecil di leher rahim dan keluar melalui vagina Anda.

Kista endometriosis sering terjadi karena proses menstruasi yang disebut retrograde. Hal ini terjadi ketika darah menstruasi mengalir kembali melalui tuba falopi Anda ke rongga panggul Anda alih-alih meninggalkan tubuh Anda.

Sel endometrium yang mengungsi kemudian menempel pada dinding pelvis dan permukaan organ panggul Anda, seperti kandung kemih, ovarium, dan rektum. Mereka terus tumbuh, menebal, dan berdarah sepanjang siklus haid Anda. Mungkin pula bagi darah menstruasi bocor ke dalam rongga panggul melalui bekas luka bedah, seperti setelah kelahiran sesar.

Dokter percaya bahwa kondisi juga mungkin terjadi jika daerah kecil di perut Anda berubah menjadi jaringan endometrium. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel di perut Anda tumbuh dari sel embrionik, yang bisa berubah bentuk dan bertindak seperti sel endometrium. Tidak diketahui mengapa hal ini terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post